SMK Negeri 1 Rangkasbitung adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang dirintis bulan Maret 1966 dibawah pembinaan PEMDA Lebak, dimana salah seorang perintisnya adalah Drs. H. SUDIYA SAPUTRA yang juga merupakan Kepala Sekolah SMKN 1 Rangkasbitung . Kampus awalnya berlokasi di SMEP yang sekarang menjadi SLTP Negeri 4 Rangkasbitung. Tanggal 1 Januari 1968 berdasarkan SK No. 34/PP/IV/1967 secara resmi menjadi SMEA Negeri dan sepenuhnya dibawah pembinaan DEPDIKBUD.

Tahun Pelajaran 1986/1987 kampus SMEA Negeri pindah ke Jln. Komplek Pendidikan dengan luas area 20.000 m2, yang merupakan bantuan dari ADB (ASIA DEVELOPMENT BANK).  Salah satu prestasi SMKN 1 Rangkasbitung yang paling monumental adalah sebagai salah satu juara Nasional Wawasan Wiyatamandala pada tahun 1992. sekarang SMKN 1 Rangkasbitung berlokasi di JL.Dewi Sartika No.61L Rangkasbitung Lebak Banten.

Sekolah ini memiliki 8 Kompetensi Keahlian (Spektrum Terbaru) , yaitu :

  • AKL (Akuntansi Keauangan dan Lembaga)
  • OTKP ( Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran)
  • BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran)
  • TKJ ( Teknik Komputer dan Jaringan)
  • MM (Multimedia)
  • TELIN ( Teknik Elektronika Industri)
  • FILM ( Produksi Film )
  • Tata Boga

Sejak tahun 2009 SMKN 1 Rangkasbitung di rintis sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Tak heran jika sekolah ini merupakan rujukan atau “imam” bagi SMK-SMK lain di Kabupaten Lebak. Setiap tahun Sekolah ini mengirimkan siswa-siswi terbaiknya dalam ajang LKS (Lomba Kompetensi Siswa) untuk mengikuti berbagai perlombaan, baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

Prestasi yang di raih SMKN 1 Rangkasbitung memang tidak mudah. ISO telah dicapai. Kini, SMKN 1 Rangkasbitung sedang memperjuangkan untuk dapat menjadi sekolah bertaraf internasional. Memang berat menjadikan sekolah ini menjadi sekolah bertaraf internasional. Namun dengan kerja keras dan dukungan semua pihak, dengan  berupaya terus mempertahankan nilai ujian nasional (UN) baik untuk calon siswa baru maupun lulusannya dan sosialisasi kepada orangtua tentang program sekolah. Selain itu, meningkatkan kemampuan siswa berbahasa Inggris dan komputer, karena dua program ini yang menjadi standar utama hal itu bisa terlaksana, Semoga semua bisa tercapai.E-mail

Leave a Comment